Jumat, 06 April 2012

Modifikasi Yamaha Scorpio Z Menjadi Yamaha M1



Modifikasi Yamaha Scorpio Z Menjadi Yamaha M1Salam kenal, nama saya Hendra Setiawan yang memiliki motor Yamaha Scorpio Z tahun 2006. Saya sangat menggilai motor-motor sport yang berlaga di MotoGP, karena itu saya berniat mengubah tampilan motor saya menjadi motor konsep Yamaha M1. Saya mau motor impian saya mirip dengan aslinya. Untuk mendukung itu, warna dasar  hitam saya akan rubah menjadi merah maroon. Saya membutuhkan spesifikasi data untuk estimasi biaya dan bahan-bahan apa saja yang diperlukan serta memakan waktu berapa lama.
Hendra Setiawan, Pemilik Yamaha Scorpio Z (Jakarta Selatan)
Terimakasih untuk bro Hendra Setiawan yang sampai saat ini masih mengikuti perkembangan dunia modifikasi. Saya selaku pemilik bengkel modifikasi Tauco Custom akan memberikan masukan dan berusaha untuk memecahkan keinginan mas Hendra. Untuk memodifikasi motor Yamaha Scorpio Z memang tidak memerlukan bahan-bahan tambahan untuk membuat dudukan baru di sektor rangka. Pasalnya motor sport sudah disesain kokoh dan rangkanya sudah tinggal mengikuti konsep modifikasi.
Untuk membuat modifikasi model Yamaha M1 memang kesulitan hanya pada sektor pembuatan ‘baju baru’. Selain itu, pengukuran pada swing arm dan penambahan pada buntut motor harus sesuai agar tidak melenceng atau kepanjangan. Perlu diketahui bahwa Yamaha M1 merupakan motor replika yang masih jarang atau bahkan tidak ada. Beda dengan Yamaha R6 atau Yamaha V-Max sekalipun yang sudah bisa dipesan dan tersedia di dealer.

Untuk step awal sama seperti modifikasi motor-motor terdahulu. Setelah melucuti semua bodi dan sektor rangka,  pengukuran ulang dilakukan untuk membuat bodi sesuai konsep modif yang diinginkan. Kendati demikian ada beberapa tahapan sebelum memulai untuk merealisasikan mimpi sang empunya motor. Diantaranya adalah : Konsep, Realisasi Konsep (kaki-kaki, rangka, bodi, finishing, kelengkapan atau aksesoris), Quality Control dan terakhir adalah Test Ride (Uji kelayakan motor setelah dimodifikasi).
Selanjutnya adalah menentukan dan menyediakan sembako modifikasi untuk memperlancar pekerjaan. Dalam hal ini, apa yang dibutuhkan motor untuk mencapai kesempurnaan harus disediakan. Namun demikian harus dirinci terlebih dahulu apa saja yang akan diganti. Kebanyakan modifikasi untuk motor sport berkisar pada pergantian swing arm, shock depan, velg depan dan belakang, rangka, headlamp, stop lamp, knalpot, bodi (full set) serta aksesoris tambahan untuk menyesuaikan dengan konsep Yamaha M1.
Sementara untuk biaya dan lama pengerjaan tergantung permintaan konsumen. Maksudnya, biaya kita sesuaikan dengan kebutuhan modifikasi. Jika memang item atau sembako modif yang diperlukan banyak, maka kita akan merinci terlebih dahulu bersama-sama. Untuk pengerjaan, seperti modifikasi dengan konsep sama sebelumnya, paling hanya akan memakan waktu sampai dua bulan. Namun, jika memang  sedang kosong pengerjaan akan rampung dalam waktu satu bulan.

1 komentar:

warso mengatakan...

biasanya full sampai jadi seperti yamaha m1,itu plus ongkos kerja berapa total gan

Poskan Komentar