Jumat, 06 April 2012

Modifikasi Yamaha Scorpio - Kalajengking Streetfighter

Modifikasi Yamaha Scorpio - Kalajengking Streetfighter

Share on :
Modifikasi Yamaha Scorpio - Kalajengking  Streetfighter untuk masalah ubahan bodi jadi super penting. Motor asal Cilacap ini dibuat dan disiapkan untuk beradu di ajang contezt. Modifikator beken  ini merangkai pola bodi dengan konsep streetfighter ala West Jateng Style alias WJS. Modifikator kucil alias kurus kecil ini memulai ubahan dengan memotong habis sasis belakang. Maksudnya, dipotong dari pangkal dudukan sasis di belakang as lengan ayun. Sebab Modifikator membuat konstruksi baru agar buntut lebih pendek dan simpel, sasis bagian atas center back bone juga dipangkas. Gantinya, "Memakai pipa 22,5 mm sebagai rangka baru, fungsinya cuma sebagai dudukan jok depan.

Modifikasi Yamaha Scorpio.jpg

Sementara dudukan bawah sengaja digeser rada naik agar tidak terlihat menumpuk antara bodi dan swing arm. Modifikasi Yamaha Scorpio, Kalajengking  Streetfighter ini memiliki jarak namun tetap terlihat dinamis,  makanya rangka dengan konstruksi baru lebih simpel. Dudukan ujung bodi belakang cuma pakai braket kecil. Olahan bodinya, modifikator mengacu pada aplikasi Bodi Konsep (Bulldog). Modifikasi Yamaha Scorpio berbuntut kecil dengan badan bagian depan besar. Bagian awal olahan bodi fokus pada dimensi tangki. Untuk urusan bentuk tangki, modifikator hanya mengukur dimensi tempat duduk, dibuat dengan tinggi sekitar 70 cm dari atas tanah. Itu sesuai postur tubuh pemilik motor yang sedang-sedang saja.

Modifikasi Yamaha Scorpio_a.jpg

Terlihat besar memang, namun jika ditengok dari atas baru ketahuan kalau dimensi tangki sebenarnya memang kecil. "Sengaja dibuat pipih pada bagian belakang, agar enak dikempit jika dipakai riding. Olahan bodi besar tentunya disesuaikan aplikasi roda besar. Untuk bagian ini Modifikator comot satu set kaki-kaki dari Suzuki Hayabusa. Lengkap mulai pelek, sokbreker dan peranti pengereman. Minim kendala ditemui, sebab bagian depan cuma ada beberapa penyesuaian saja.

Contohnya dudukan komstir yang perlu diatur ulang. "Juga sok belakang bawaan Hayabusa gak bisa dipasang. Sebab terlalu panjang. Jalan keluarnya pakai sok orisinil Yamaha Scorpio. Cuma konstruksi unitrack masih dipakai, sehingga rebound tetap nyaman. Pada bagian bawahnya memiliki lengkung dinamis dengan sambungan antar bodi rapat, sehingga terlihat rapi dan halus

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 120/70-17
Ban belakang : Pirelli 190/55-17
Swing arm : Hayabusa
Sok depan : Hayabusa
Setang : Top Secret
Knaplot : Yoshimura

1 komentar:

Unknown mengatakan...

habis berapa pak kira2 tuch modif???

Posting Komentar